oleh

Membuat Bangga – 7 Pemain Sepakbola Top Dunia Berdarah Indonesia

Prestasi sepakbola Indonesia memang belum melampaui level Internasional. Namun, warga Indonesia patut berbangga diri. Setidaknya darah Indonesia turut mengalir bersama beberapa pemain terbaik kelas atas dunia. Meski tidak besar dan tinggal di Indonesia, namun 7 pemain sepakbola top dunia berdarah Indonesia ini masih mengakui tanah kelahiran nenek moyang mereka. Siapa sajakah mereka?

 

Pemain Top Dunia Berdarah Indonesia

 

 

  • Giovanni van Bronckhorst

 

Mantan gelandang sekaligus kapten yang sukses membawa Timnas Belanda ke final Piala Dunia FIFA 2010 ini, merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia. Ayahnya, Victor van Bronckhorst, merupakan keturunan Indo. Sedangkan Ibunya, Fransien Sapulette, berasal dari Maluku. Van Bronckhorst yang kini menjadi manajer klub Feyenoord sejak 2015 ini juga mampu berbahasa Indonesia, meskipun dengan aksen Indonesia Timur.

 

  • John Heitinga

 

Pemain yang mengawali dan mengakhiri karier sepakbola-nya di Ajax Amsterdam ini juga memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah. Berdasarkan kesaksian pamannya, Ronald Heitinga, kakek dari mantan pemain timnas Belanda ini berasal dari Belitung, sedangkan ayah John dilahirkan di Jakarta. Pada tahun 1959, keluarga besar Heitinga hijrah ke negeri kincir angin dan menetap disana.

 

  • Nigel de Jong

 

Salah satu dari 7 pemain sepakbola top dunia berdarah Indonesia yakni De Jong. Pemain yang sukses membela Timnas Belanda di Piala Dunia FIFA 2010 dan 2014 ini, memiliki keturunan Suriname dari ayahnya dan darah Ambon dari sang ibu. Pernah bersinar bersama Manchester City (2009–2012) dan Milan (2012–2016), kini De Jong merumput di klub Liga Bintang Qatar “Al Ahli”.

 

  • Roy Makaay

 

Nama Roy Makaay menjadi tersohor ketika masih bersama Deportivo La Coruna. Ia sukses membawa tim Súper Dépor mendongkrak dominasi Real Madrid dan Barcelona di La Liga. Ia juga mampu mencetak hat-trick di kandang lawan, FC Bayern, saat liga Champions UEFA 2002/2003. Dibalik gemerlap prestasinya, ternyata mantan pemain timnas Belanda tahun 1996–2005 ini memiliki ibu yang berdarah Maluku.

Baca Juga :  Radja Nainggolan Akan Jadi Sosok Penting di Skuad Inter Milan

 

  • Emilio Audero Mulyadi

 

Emil merupakan pemain keturunan Indonesia-Italia yang sukses merumput di tim utama Juventus sebagai penjaga gawang sejak 2015. Mengawali karier mudanya bersama Juventus Allievi, Emil mampu meraih penghargaan “The Young Italy Talents of The Future 2012”. Emil lahir di Mataram tanggal 18 Januari 1997, ayahnya merupakan orang Indonesia, sedangkan ibunya merupakan keturunan Italia. Meskipun begitu ia lebih memilih berkebangsaan Italia.

 

  • Radja Nainggolan

 

Pesepakbola  yang pertama kali bermain bersama Timnas Belgia pada tahun 2009 ini, mempunyai keturunan suku Batak dari sang ayah, Marianus Nainggolan. Sedangkan ibunya, Lizy Bogaerts, merupakan orang Belgia dengan suku etnis Fandria. Sebelum merumput bersama Inter Milan, Nainggolan pernah bermain bersama tim Roma (2014–2018), Cagliari (2010–2014), Piacenza (2005-2010), dan Germinal Beerschot (2000-2005).

 

  • Ezra Walian

 

Ezra Harm Ruud Walian merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-23. Sebelumnya, anak dari Glenn Walian yang berasal dari Manado dan Linda Bos yang berkebangsaan Belanda ini, pernah merumput bersama Ajax Amsterdam hingga 2017. Ia juga pernah menjadi bagian dari Timnas Belanda U-15 dan U-17. Untuk saat ini Ezra menjadi striker tim muda klub Almere City FC di negara Belanda.

Komentar

Berita Terbaru